Rabu, 24 Desember 2014

Pesan Tersembunyi dari film Despicable Me

Sinopsis Despicable Me (2010) Gru (Steve Carell) adalah pencuri terbesar sepanjang zaman. Tak ada yang bisa menandingi rekor Gru. Sayangnya, rekor ini begitu saja tumbang ketika sebuah piramida di Mesir tiba-tiba hilang tanpa ada yang tahu siapa yang mengambilnya. Harga diri Gru tercabik-cabik. Bagaimana mungkin ada orang yang bisa mencuri piramida tanpa ada yang tahu. […]Despicable Me


Pernahkah anda menonton film ini? dan sequelnya, Despicable Me 2 dan Despicable Me 3?

Awalnya saya tidak terlalu tertarik dengan film ini yang booming di tahun 2010. Film animasi perdana dari Illumination Entertainment dan Universal Picture ini berhasil meraup uang dan jutaan penggemar di seluruh dunia. Sempat jadi bahasan anak-anak saya tentang tokoh Minion yang lucu itu, tapi tetap tidak membuat saya tertarik. Kemudian beberapa hari lalu, saya tidak sengaja menonton Despicable Me 2 di salah satu TV kabel bersama anak saya. Ada yang terbersit di kepala saya saat melihat tokoh-tokoh dalam film animasi tersebut, dan menggelitik hati saya untuk menulis di blog ini. Sebelum saya kemukakan, ada baiknya kita flash back, sinopsis Despicable Me.

Sebuah piramida berhasil dicuri oleh Vector seorang penjahat, Gru yang memiliki obesesi untuk menjadi penjahat nomor satu merasa tertantang untuk sesuatu yang lebih besar. Bersama pasukannya, para Minion dan Dr. Nefario, Gru berencana untuk mencuri bulan. Untuk itu ia butuh bantuan dana dari Bank of Evil, sayangnya bank tidak menyetujui rencananya karena ternyata ia belum memiliki senjata pengecil yang akan digunakan untuk mencuri bulan. Untuk membuktikan bahwa ia mampu, ia mengambil senjata pengecil itu, namun Vector berusaha menggagalkan rencananya dengan mengambil senjata itu darinya dan menyimpannya di rumahnya. Gru yang mencoba mengambil kembali senjata selalu gagal menembus pertahanan rumah hingga ia melihat tiga orang anak panti berhasil masuk rumah itu dengan mudah. Gru mengadopsi ketiga anak itu (Margo, Edith, Agnes) dan menggunakan mereka untuk mencuri senjata pengecil dari rumah Vector untuk mencuri bulan. Awalnya Gru hanya memanfaatkan ketiga anak tersebut, namun seiring berjalannya waktu ketiga gadis kecil yang manis tersebut mengubah perilaku Gru yang SuperBad menjadi SuperDad. Dan tidak lupa kita akan disuguhi kelucuan dari Minions para pelayan setia Gru yang menggemaskan.

Hal menarik dari film ini adalah pesan yang tersembunyi yang dibungkus dengan kelucuan dan karakter uniknya. 


#1. Judul Film "Despicable Me"

Kita mulai dari judul "Despicable Me" yang diterjemahkan dalam bahasa Indonesia, Despicable = Tercela, Hina, Keji, atau yang patut dibenci. Sehingga Despicable Me adalah "Tercelanya Aku atau Terkejinya Diriku". Apa maksud dari judul ini? Apakah si penulis ingin mengungkapkan karkater asli Gru, seorang penjahat? Saya agak terganggu dengan arti dari Despicable Me. Bagaimana menurut anda sebuah film animasi anak-anak dengan judul "Terkejinya Diriku"? Apakah ini sebuah ajakan? Dan setiap anak yang menyebut judul itu, menyebut dirinya orang yang "keji"? Apakah ini yang diinginkan dari film tersebut? Berbahayakah bila anak kita menyebut dirinya "keji" dengan wajah berbinar karena mengingat film lucu itu.


#2. Illuminati

http://www.animationmagazine.net/wordpress/wp-content/uploads/illumination-entertainment-post.jpg

Apakah anda tahu bahwa film ini di produksi oleh Illumination Entertainment yang secara terang-terangan memproklamirkan nama "Illuminati" di opening film. Illuminati (bentuk plural dari bahasa Latin illutuminas, “tercerahkan”) adalah nama yang diberikan kepada beberapa kelompok, baik yang nyata (historis) maupun fiktif. Secara historis, nama ini merujuk pada Illuminati Bavaria, sebuah kelompok rahasia pada Zaman pencerahan yang didirikan pada tanggal 1 Mei tahun 1776. Illuminati merupakan kepercayaan dimana pengetahuan adalah segala-galanya dan tidak ada lagi yang namanya misteri Tuhan karena semua ada jawabannya. Pengetahuan itu berpusat pada satu titik yang dilambangkan dengan mata. Dalam illuminati ada yang namanya Freemansory memiliki ritual pemujaan kepada the great architect dan mereka menyebutnya “Fallen angel” a.k.a Lucifer. FYI, mata yang disebut sebagai The Whole seeing-Eye (mata tuhan) atau biasa disebut Eye of Horus (diambil dari legenda mesir) yang merupakan simbol dari Lucifer (Iblis).

http://inipost.com/wp-content/uploads/Simbol-Illuminati.jpg 


#3. Piramida

Dalam film Despicable Me, dibuka dengan pencurian Piramida. Kenapa Piramida? Kenapa bukan menara Eiffel atau The Great Wall di Cina?
Karena Piramida adalah simbol yang mewakili kepercayaan mereka dari legenda Mesir, Lucifer. Eye of Horus berada dipuncak Piramida.

Filosofi bentuk piramida itu sendiri mempunyai arti di setiap struktur dan hirarkisnya.
http://i2.wp.com/www.caplimpede.ro/wp-content/uploads/2013/10/shutterstock_57523771.jpg?resize=300%2C199 https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEi84i1XJPaIAwkGKwSbUgVG48jP-YbF9nWZkD5HknvuLO0h9omVnrxROiGeMPUMdaiAXfJWKGmZBwhE1vNC54I-L6e__ITrTcneIYhN41TRXVy9gpZJcfEdF_Gg7vIU-Ue06-1irzOtCAA/s1600/piramida.jpg

Kita juga sering temui bentuk piramid atau disederhanakan menjadi segitiga dalam keseharian kita, misalnya simbol ini yang terdapat di mata uang Dollar Amerika, acara TV/film anak-anak dan maskot Olimpiade 2012 di London dengan mata satu dan latar belakang bentuk segitiga/piramid.
http://pbs.twimg.com/media/BEKOaDyCAAAxhGm.jpg:large
http://elkiprades.files.wordpress.com/2010/10/spongebob-illuminati-1-image.jpeg
https://fbcdn-sphotos-a-a.akamaihd.net/hphotos-ak-ash4/246475_257357757706078_1162441328_n.jpg
http://devamelodica.com/wp-content/uploads/2012/07/Jadwal-Olimpiade-2012-London-21.jpg


Anak-anak akan dibuat akrab dengan simbol-simbol ini, sehingga diharapkan oleh para Illuminati, anak-anak yang mudah dipengaruhi, akan menjadi Minion bagi para Illuminati.


#4. Minion

Kita juga akan langsung mengenali simbol The Whole Seeing Eye berupa mata satu dalam karakter Minion.
http://www.klonblog.com/images/2013/07/a-teaser-snygo_files003-minions.jpg 
Minions - Despicable Me 2 wallpaper


Minion yang diterjemahkan dalam bahasa Indonesia adalah Pelayan, Antek atau Kaki Tangan, merupakan ciptaan Gru sang tokoh super jahat. Minion sangat setia dan selalu patuh kepada majikannya, Gru. Minion si antek-antek Gru digambarkan dengan karakter yang lucu, warna ceria dan usil. Anak-anak pasti akan jatuh cinta pada Minion, apalagi ditambah bahasa mereka yang asing di telinga kita tapi diucapkan dengan suara-suara lucu.  Dalam mengisi suara Minion, Pierre Coffin menggunakan banyak referensi bahasa. Seperti kata-kata kerja dalam bahasa India, Perancis, Inggris, Spanyol dan Italia. Bahkan ada bahasa Indonesia "Terima kasih" di Despicable Me 2. 
Minion digambarkan sebagai antek penjahat dari berbagai belahan dunia, diwakili dengan berbagai bahasa yang digunakan, termasuk bahasa Indonesia. Dengan bangganya, para pecinta Minion ini menulis di sosial media bahwa Minion memakai bahasa kita.
Apakah anda tidak menyadari bahwa makhluk lucu ini sebenarnya antek-antek penjahat? Mereka patuh dan siap memberikan apapun demi melayani majikannya. Anak-anak akan dibuat terkesan dengan kelucuan karakter Minion, sehingga mereka ingin menjadi Minion serta mengoleksi merchandise Minion. Anak-anak kita digiring menjadi Minion, si kaki tangan yang setia kepada penjahat.


#5. Dr. Nefario

Karakter lain dalam film ini adalah Dr. Nefario seorang dokter kepercayaan Gru yang bisa membuat berbagai senjata. Karakternya yang unik menambah warna dalam film ini. 

https://m1.behance.net/rendition/modules/73842145/disp/ea24947a5ccb16c6eaa90830a1cbc330.pnghttp://hillskidz.tv/wp-content/uploads/2014/10/Dr-Nefario.png

Apa arti dari Nefario itu sendiri? Nefario berasal dari kata Nefarios, dalam bahasa Inggris. Atau Nefarius dalam bahasa Latin, yang berarti kejahatan; jahat; penuh dosa
[dari nefārius Latin, dari NEFAs perbuatan yang melanggar hukum, dari Ne tidak + FAS hukum ilahi] atau terjemahan bebasnya "perbuatan jahat yang melanggar hukum Illahi". 
Kalau kita tarik garis merah dalam cerita ini, bahwa Gru si penjahat yang tidak mau terkalahkan, tentunya akan mencari teman sesama penjahat juga, yaitu Dr. Nefario si dokter jahat. Klop kan?


#6. Bank of Evil

Dalam cerita, dikisahkan Gru meminjam uang dari Bank of Evil untuk projek mencuri bulan. Seperti yang sering kita alami, para kapitalisme pasti menguasai Bank. Sehingga sesuai  dari nama bank itu, Bank of Evil. yang artinya, Bank Kejahatan, seorang penjahat seperti Gru pun sulit meminjam uang dari Bank of Evil.
Mengapa di film ini banyak memasukkan kata-kata "Jahat"? Konsep "jahat" dalam film ini diselipi di tiap nama-nama dan perilaku tokohnya, tetapi dibungkus dengan keindahan animasi canggih dan warna-warni yang menarik.
Tapi pernahkan anda amati, tulisan dibawah Bank of Evil ?

http://fc00.deviantart.net/fs71/f/2011/050/c/e/formerly_lehman_brothers_by_bigunknown-d39xn43.png  
Formerly Lehman Brothers (Dulunya Lehman Brothers)

Lehman Brothers adalah sebuah perusahaan jasa keuangan global. Sebelum menyatakan kebangkrutan pada tahun 2008, Lehman adalah terbesar keempat bank investasi di Amerika Serikat (belakang Goldman Sachs, Morgan Stanley, dan Merrill Lynch), melakukan bisnis di bidang investment banking, ekuitas dan penjualan pendapatan tetap dan perdagangan (terutama US Treasury securities) , penelitian, manajemen investasi, ekuitas swasta, dan perbankan swasta.
Pada 1:45 pada tanggal 15 September 2008, perusahaan mengajukan perlindungan kebangkrutan, menyusul eksodus besar-besaran sebagian besar klien, kerugian drastis dalam sahamnya, dan devaluasi aset oleh lembaga pemeringkat kredit. Pengajuan kebangkrutan Lehman adalah yang terbesar dalam sejarah AS, dan diperkirakan telah memainkan peran utama dalam penyingkapan krisis keuangan global akhir tahun 2000-an.

Ketika Amerika dan negara-negara Eropa lainnya dilanda krisis ekonomi, Lehman Brothers dianggap sebagai penyebabnya. Analisa saya, penulis Despicable Me mencoba menyindir bahwa Lehman Brothers yang membuat banyaknya pengangguran di Amerika dan Eropa, kini adalah Bank of Evil. Beban yang ditanggung oleh warga Amerika digambarkan melalui patung-patung pada tiang sepanjang koridor Bank of Evil.

https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgVOjh8ymaUATfbQH3wwIb9AdABKj-o3agYY0SVcAIfC108EoR9tSMYPCniSNDxxhbXzG2rGUOnBXY68z7BtEHdUqHL1nQY9Xsy54ST8U3KsciHE69HoJxaO1xlyO1n3m_cjEYncE8_cmAl/s72-c/despicable-me-pillars-at-the-bank-of-evil.gifhttp://vignette2.wikia.nocookie.net/despicableme/images/3/30/Picture.jpg-2012-12-28-at-15.04.53-640x351.jpg/revision/latest?cb=20131020204017
Yang membuat saya tertawa, Lehman Brothers berasal dari Rimpar, Bavaria. Ayah mereka seorang pedagang sapi Yahudi yang merantau ke Alabama Amerika Serikat. Keluarga Yahudi ini yang terdiri dari tiga bersaudara Henry, Emanuel dan Mayer Lehman mengembangkan usaha dan sukses di Amerika sejak tahun 1847 hingga kebangkrutannya tahun 2008. Generasi Lehman mengecewakan Yahudi Amerika, sehingga mereka menyindirnya dalam penggambaran Bank of Evil. 


#7. Logo Gru

Logo Gru yang digambarkan dalam film ini merupakan metamorfosa dari logo Freemason yang merupakan salah satu kumpulan yang bergerak dalam satu nama besar yang dipanggil Illuminati.
 
 
 
Disederhanakan menjadi
http://ecx.images-amazon.com/images/I/410nQyoX30L._SL1000_.jpg 
http://i.ebayimg.com/00/s/Nzc0WDg1NQ==/z/n5UAAMXQPW5SHMFL/$T2eC16hHJIkFHR8BBTKfBSHMFLkT-w~~60_35.JPG 

Seperti organisasi pada umumnya, freemasonry juga memiliki lambang. Lambangnya yang paling terkenal adalah sebuah jangka dan penggaris busur dengan huruf G ditengahnya. Misalnya, Huruf G di tengah lambang itu. Di beberapa lodge, huruf G itu diterima sebagai kependekan dari “God”. Di tempat lain “Goodness”. Tapi mungkin yang paling populer adalah “Geometry”, sebuah dasar matematika yang melahirkan legenda freemason.
Di beberapa negara seperti Inggris, huruf G tersebut telah dihilangkan dari lambang freemason setempat.

Menurut Albert Pike, pendiri The Scottish Rite dalam bukunya “Morals and Dogma” yang juga dianggap sebagai “kitab sucinya” freemason, lambang jangka berarti “Ketuhanan yang Kreatif”, sedangkan penggaris busur adalah “Bumi produktif alam semesta”.
Dalam Despicable Me, huruf G merupakan representasi dari lambang G pada freemason. Apapun arti dari G itu sendiri, yang saya tafsirkan adalah G dari Gru yang juga berarti GURU. Bila kita perhatikan dari jauh, logo Gru akan berbentuk mata satu, The Whole seeing Eye atau Eye of Horus.

#8. Lantas siapa GRU ?

Dalam Despicable Me, Gru adalah seorang penajahat yang kemudian menjadi Ayah yang baik bagi ketiga putri angkatnya. Saat pertama melihat karakter Gru, saya langsung ingat seseorang yang sangat mirip dengannya, yaitu Aleister Crowley.

http://static.gamesradar.com/images/totalfilm/d/despicable-me-2-full-length-trailer-watch-now-130587-a-1363712620-470-75.jpg http://www.judiciaryreport.com/images/aleister_crowley-1-12-11.jpg 

Siapakah Aleister Crowley? Apakah hanya kebetulan Gru memiliki karakter yang mirip dengan Aleister Crowley? Mari kita kenalan dulu dengan Aleister Crowley...

http://hermetic.com/crowley/equinox/i/iii/images/103_010.jpgAleister Crowley (Edward Alexander Crowley) lahir 12 Oktober 1875 – 1 Desember 1947. Crowley adalah seorang pesulap mistik, okultis, pendiri agama Satanisme, sex menyimpang, pemakai narkoba, penyair dan pendaki gunung, yang juga dikenal sebagai Frater Perdurabo dan "The Great Beast 666" dan oleh media massa Inggris disebut The Wickedest Man in the World “Manusia Paling Jahat di Seluruh Dunia,” karena kegemarannya pada seks magis, narkoba, dan hedonisme. Motto Crowley yang tersohor adalah ‘Do What Thou Wilt Shall Be The Whole Of The Law.’ Crowley menggunakan darah dan seks dalam ritualnya untuk mendapatkan energi dan pencerahan mistisnya. Pada Desember 1896, Crowley mulai mendalami okultisme dan mistisisme. Ia kemudian menerbitkan buku puisinya yang pertama berjudul Aceldama..
Tidak diragukan lagi Aleister Crowley adalah seorang “GURU” utama musik rock. Misi Crowley dalam hidupnya adalah menghancurkan Jesus Kristus dan Kristen, sementara mengagungkan perbuatan seks tidak wajar, obat bius, sihir dan Setan.
Aleister Crowley%2C Golden DawnPengaruh berbagai agama dan kebudayaan menjadi dasar agama baru Crowley. Ketika bulan madunya bersama Rose Edith Kelly di Mesir 1904, mereka mengalami berbagai macam pengalaman spiritual, dan akhirnya pada tanggal 8, 9 dan 10 April tahun 1904, persis jam 12 hingga jam 1 selama tiga hari itu, Crowley mendengar suara dari entitas bernama Aiwass, yang mendikte kepada dia tulisan yang sekarang ini dikenal sebagai Liber AL vel Legis, yang juga umumnya dikenal dengan nama The Book of The Law alias Kitab Hukum. Kitab ini jugalah yang menjadi intisari berbagai tulisan tentang Thelema yang nanti-nanti akan ditulis oleh Aleister Crowley sejak saat itu. Dengan kitab ini, diproklamirkan bahwa kita sudah memasuki sebuah jaman baru, dimana hukum dari aliran agama lama dianggap nggak berlaku lagi, dan ada hukum baru yang melandasi setiap orang di dunia ini untuk memperoleh pencapaian puncak spiritualitasnya.

Crowley10Kemudian pada 1912, Crowley dihubungi oleh Theodor Reuss, kepala dari sebuah organisasi di Jerman yang bernama Ordo Templi Orientis (yang artinya Ordo Kuil/Biara Timur). Kelompok Freemason ini mengklaim memiliki kunci rahasia dari magick praktis tingkat tinggi, yang melibatkan unsur seksual, yang diajarkan di tingkatan tertingginya. Reuss menganggap Crowley menyebarkan metode rahasia itu, dan setelah menjelaskan bahwa metode yang diajarkannya dalam A. A. A. dan O.T.O. hanyalah kebetulan semata, akhirnya Crowley setuju untuk diinisiasi sebagai anggota kehormatan. dan dipercayakan untuk memimpin ordo tersebut di wilayah Britania, dan pada akhirnya mengambil kepemimpinan O.T.O. pada 1922. Selama di ordo, Crowley memodifikasi dan mengubah banyak hal serta banyak membuat ritual baru terkait dengan ordo untuk mengikuti Hukum Thelema, dan menggunakan ordo tersebut sebagai kendaraan untuk memperkenalkan Thelema kepada dunia. O.T.O. secara lepas masih memiliki struktur dan pola yang sama dengan Freemasonry pada umumnya, namun dengan Thelema sebagai pusatnya, telah cukup berbeda dari organisasi Freemasonry, di antaranya inisiasi perempuan ke dalam keanggotaannya.

Aleister Crowley%2C YogaSelama tahun-tahun ke depan setelah ini, ia mendapat banyak pengikut yang datang dan pergi, dan banyak juga yang mengutukinya, serta mencemarkan nama baiknya, dan, walaupun ia dapat menuntut balik di pengadilan, ia tidak melakukannya, kecuali di masa-masa akhir hidupnya dimana ia mulai kehabisan uang untuk mempublikasikan karyanya, yang toh akhirnya kalah juga kasusnya.
Aleister Crowley pada masa-masa senja hidupnya menepi dari keramaian ke Netherwood, sebuah rumah singgah di Hastings, Sussex, Inggris, sampai ia meninggal di sana pada tanggal 1 Desember 1947. 
Sepeninggal Crowley, pesan yang disampaikannya tetap hidup dan banyak yang memperkenalkan ajaran Crowley melalui lagu-lagu Rock and roll dari puisi-pusi erotisnya. Diantaranya musisi The Beatles, memajang wajah Crowley pada cover album Sgt. Peper. Musisi lainnya yang mempopulerkan ajaran Crowley diantaranya  Rolling Stone, Led Zeppelin, The Doors, Ozzy Osbourne, dan banyak lagi. Mereka mengagungkan free sex dan free drugs.
Sgt PeppersAleister Crowley, Old And With Pipe 

Nah.. setelah membaca siapa Crowley, apakah ini sebuah kebetulan semata Gru yang menyerupai Crowley? Saya yakin bukan sebuah kebetulan, dan ada misi terselubung penulis Despicable Me membuat karakter Gru sebagai figur Aleister Crowley. Berbahayakah seorang Crowley dalam bentuk Gru di film ini? Yang memang diawal diakui sebagai penjahat, kemudian menjadi ayah yang baik serta menjadi seorang pahlawan dalam Despicable Me 2. Karena sebenarnya, tujuan akhir dari skenario illuminati dan freemason adalah menjadikan mereka sebagai pahlawan. Pahlawan menuju dunia yang mereka inginkan.
Baiknya kita saring tontonan anak-anak, apa yang terkandung dari pesan-pesan dalam tontonan tersebut. Selama anak-anak belum mengerti simbol-simbol yang terpampang jelas dalam Despicable Me, sebaiknya kita bentengi anak-anak dengan ilmu agama yang kuat.

Sumber: wikipedia dan berbagai sumber.




Selasa, 09 Oktober 2012

Menilai Kecerdasan Anak melalui Multiple Intellegences versi Kak Seto

 
Dear parents...

Beberapa waktu lalu, saya sempat mengikuti training bersama Kak Seto tentang " Multiple Intelligences " yang dikutip dari buku Howard Gardner dengan judul yang sama. Training itu pada intinya menterjemahkan isi buku Howard Gardner dengan bahasa Kak Seto yang lebih mudah dicerna, dibandingkan bila kita harus membaca bukunya yang ngejelimet dengan istilah psikologi kedokteran. Saya sangat senang sekali mengikuti training tersebut, karena banyak manfaat yang bisa diambil. Selain ilmu, saya juga jadi tahu bakat anak saya, dan yang penting bagaimana kita bisa menyalurkan bakat anak kita. 

Training ini disampaikan secara entertaining tapi sarat akan informasi. Diantara penjelasan tentang Multiple Intelligences, kadang diselingi lagu-lagu dan games lucu membuat kami tidak bosan. Tidak terasa 3 jam berlalu, dan saya punya banyak sekali pertanyaan dikepala saya yang ingin saya tanyakan kepada Kak Seto. Namun karena waktu terbatas, Kak Seto dan tim harus melanjutkan jadwalnya.

Dalam ulasan ini saya ingin menyambungkan teori Howard Gardner dengan teori Kak Seto yang telah diadaptasi kedalam bahasa dan budaya kita disertai contoh-contoh yang lebih mudah dimengerti.

Secara singkat, Kak Seto mengatakan, tidak ada anak yang bodoh. Setiap anak memiliki kecerdasan dan caranya masing-masing untuk menunjukkan kecerdasannya. Teori tentang Multiple Intelligence menyatakan bahwa setiap anak memiliki beberapa kecerdasan. Bahwa, "Setiap anak Unik, Otentik dan Tidak Terbandingkan". Maka kita harus menghargai HAK setiap anak.

Hak Anak itu meliputi :
  1. Hak Hidup
  2. Hak Tumbuh Kembang
  3. Hak Perlindungan
  4. Hak Partisipasi atau Hak didengarkan

Saya yakin, Parents pasti sudah mengerti tentang Hak Anak diatas, terutama dari point 1 hingga 3, yang jelas sering kita perhatikan. Bahwa setiap orang tua pasti akan memberikan hak-hak tersebut. Tapi kadang kita sering melewatkan point no. 4 yaitu hak didengarkan. Anak akan merasa sangat dihargai ketika orangtuanya mendengarkan cerita-cerita sederhananya, ataupun keluh kesahnya, bahkan pendapat dan prinsipnya ketika dia ingin mengungkapkan sesuatu. Hak tersebut adalah hak yang harus dimiliki setiap anak bila Parents ingin anaknya tumbuh menjadi anak yang cerdas dansehat mental.

Berbicara tentang kecerdasan anak, dalam training tersebut, Kak Seto juga menjelaskan bahwa Gardner menggunakan kata kecerdasan (intelligence) sebagai pengganti kata bakat. Setiap kecerdasan dapat dirangsang dengan cara yang berbeda. Ada sembilan kecerdasan yang diidentifikasi oleh Gardner yang disebut dengan kecerdasan majemuk (multiple intelligences), yaitu:  


1.  Cerdas Angka atau Kecerdasan Matematis (Logical Mathematical Intelligence). 
Kecerdasan ini merupakan suatu kemampuan untuk mendeteksi pola, berpikir deduktif, dan berpikir logis. Kemampuan ini sering diasosiasikan dengan berpikir secara ilmiah dan matematis.
Dalam cerdas Angka ini, Kak Seto mencontohkan ciri-cirinya sebagai berikut: 
  • Mampu menghitung benda-benda yang terlihat didepannya
  • Mampu menyelesaikan soal matematika yang diberikan
  • Mampu menyusun permainan hirarki
  • Mampu menyusun pola berdasarkan warna dan bentuk
  • Bertanya tentang objek yang dilihat
  • Mampu memberikan tanggapan masalah yang diajukan
  • Memahami simbol yang diberikan
  • Mampu menggunakan permainan berbasis IT atau games digital di komputer/gadget


2.  Cerdas Visual atau Kecerdasan ruang (spatial intelegence) 
 Anak dengan kecerdasan  spatial atau cenderung berpikir secara visual, kaya dengan khayalan sehingga cenderung imajinatif dan kreatif. Mereka mampu menciptakan gambar didalam pikiran mereka. Ciri-cirinya sebagai berikut. 
  • Mampu menyelesaikan permainan seperti puzzle, menyusun balok dan sebagainya.
  • Mampu membaca peta, tabel, atau diagram dengan baik
  • Mampu mewarnai dengan rapi
  • Tidak banyak bicara, melainkan lebih aktif mengerjakan hal-hal yang berkaitan dengan abstraksi ruang seperti mencoret-coret dan menggambar. Kegiatan ini jauh lebih diminati anak dibandingkan dengan minat verbalnya.   
  • Memiliki problem solving yang lebih baik dibandingkan anak lain karena dia bisa membayangkan apa yang akan terjadi setelahnya.   
  • Senang mengukur-ukur mana yang lebih panjang dan pendek, besar dan kecil, atau jauh dan dekat dengan alat-alat sederhana yang ditemukannya di rumah atau dengan anggota tubuhnya sendiri seperti menjengkal atau melangkah.   
  • Bisa menangkap perkiraan atau jarak. Jika berlari, ia bisa mengantisipasi diri dengan ruang hingga tak menabrak.   
  • Memiliki perhatian yang tinggi terhadap detail, seperti gradasi atau ukuran yang sedikit berbeda, misal dua benda yang sama persis hanya beda sekian milimeter.   
  • Pandai mempersepsi apa yang dia lihat.   
  • Suka seni; menggambar, melukis, dan memahat   
  • Menyukai bacaan yang penuh gambar-gambar ber-warna.   
  • Senang merekam peristiwa/kejadian dengan video kamera. 

Cara membangkitkan kecerdasan ini:   
  • gunakan gambar dalam belajar. 
  • buat coretan/simbol-simbol untuk melambangkan sesuatu.  
  • ajarkan ia peta pikiran


3.  Cerdas Musik atau Kecerdasan Musikal (Musical Intelligence).
Anak dengan kecerdasan musikal memiliki ciri-ciri sebagai berikut.
  • Mudah mengenali dan menyanyikan nada-nada dengan irama yang benar
  • Dapat mentransformasikan kata-kata menjadi lagu dan menciptakan berbagai permainan musik
  • Mampu memainkan alat musik dengan baik
  • Mampu menciptakan lagu sederhana
  • Peka terhadap ritme, ketukan, melodi, atau warna suara dalam sebuah komposisi musik.
  • Mampu menebak lagu dengan notasi awal yang diberikan
  • Mampu melakukan tepuk pulsa dengan benar sambil bernyanyi
  • Terlihat menikmati saat bermain musik, suka bersenandung atau bernyanyi
  • Sangat suka mendengarkan lagu dan musik, bahkan kesedihan akan berkurang di kala mendengarkan lagu atau musik. 
  • Dapat menyebutkan dengan tepat kunci nada saat mendengarkan musik.
  • Memiliki suara yang merdu. 
  • Mampu mengingat syair dengan baik. 

4.  Cerdas Tubuh atau Kecerdasan Gerak/Kinestetik (Godly-kinesthetic Intelligence). Anak yang kecenderungan senang bergerak dan menyentuh. Mereka memiliki kontrol pada gerakan, keseimbangan, ketangkasan, dan keanggunan dalam bergerak.Meski terkadang jatuh, tapi keadaan ini masih normal bila anak berusia di bawah tiga tahun. Jangan batasi geraknya, karena memang fisiknya sedang berkembang. Namun orangtua harus menjaganya agar tidak terjatuh.
Tidak menyukai duduk dalam waktu yang lama. Ciri lainnya, anak dapat melepaskan kaos, celana, dan kaos kaki sendiri. Juga bisa membangun jembatan dengan menggunakan balok-balok tanpa terjatuh. Aktivitas ini melibatkan keterampilan motorik halus, koordinasi visual motorik, dan keseimbangan. Ciri-cirinya sebagai berikut.
  • Terlihat tidak bisa diam, selalu ingin melakukan sesuatu, bergerak-gerak aktif ketika duduk. Deteksi ini bisa terlihat sejak bayi.
  • Senang kegiatan fisik, seperti melompat-lompat, olah raga atau permainan fisik, semisal kejar-kejaran, bersepeda, gulat-gulatan, dan sebagainya.
  • Mampu berdiri seimbang, bergerak secara dinamis dan terkontrol saat berjalan, berlari, melompat, memanjat, atau berjalan diatas papan titian.
  • Mampu melempar benda secara terarah kira-kira sejauh 1 meter
  • Anak perlu menyentuh objek yang sedang dipelajari. Misal, guru menerangkan dengan alat peraga. Nah, si body smart biasanya akan maju ke depan karena ingin menyentuh alat peraga tersebut. 
  • Terampil mengerjakan kerajinan tangan seperti menjahit, membuat bentuk-bentuk dari lilin mainan, dan sebagainya.
  • Mampu meniru mimik wajah dan gerak tubuh orang lain
  • Suka bekerja dengan tanah liat, melukis dengan tangan, atau bekerja dengan menggunakan anggota tubuh lainnya.
  • Suka mengutak-atik benda yang menarik baginya. Umpama, membongkar pasang mainan. Orangtua yang kurang berpendidikan akan menganggap anak ini nakal karena suka merusak mainannya.
  • Senang berolah raga.
  • Resah jika tak melakukan apa-apa.
  • Mampu melakukan tarian dengan wirasa, wirama dan wiraga yang baik
  • Belajar paling efektif dengan bergerak.

Cara membangkitkan kecerdasan ini:
  • ajak ia bermain peran.
  • gunakan gerak untuk belajar.
  • padukan gerak dengan semua mata pelajaran.


5.  Cerdas Naturalis atau Kecerdasan Alam (Naturalist Intelligence).
Anak dengan kecerdasan alam memiliki ciri-ciri sebagai berikut.
  • Memiliki ketertarikan yang besar terhadap alam sekitar. Mereka menyukai benda-benda dan cerita yang berkaitan dengan peristiwa alam, misalnya terjadinya awan dan hujan, asal usul binatang, pertumbuhan tanaman, hingga tata surya.
  • Mampu menirukan suara dan gerakan binatang serta tumbuhan
  • Sangat tertarik dengan berbagai kegiatan yang dilakukan di luar rumah. Begitu juga dengan sistem pembelajaran di sekolah, dia lebih menyenangi aktivitas belajar yang dilakukan di luar ruangan atau kelas dengan mengobservasi alam.
  • Senang bermain di taman, kebun, serta akrab dengan berbagai binatang peliharaan seperti kucing, kelinci, anjing dan sebagainya.
  • Sering mempertanyakan berbagai gejala alam, entah itu mengenahi gempa, tsunami, dan sebagainya.
  • Menyukai aktivitas berkemah, hiking, memancing, dan kegiatan rekreasi lain yang berhubungan dengan alam, seperti pantai, laut, hutan, dan sebagainya.
  • Senang mengoleksi berbagai benda dari alam, seperti kerang-kerangan, batu-batuan, dan sebagainya
  • Mampu memanfaatkan bahan-bahan dari alam menjadi bentuk kreativitas yang bermakna
-->


6.  Cerdas Teman atau Kecerdasan Interpersonal (Interpersonal Intelligence).
Kemampuan untuk menjalin relasi sosial dengan orang lain. Anak dengan kecerdasan ini mampu mengetahui dan menggunakan beragam cara pada saat berinteraksi, sehingga tidak mengalami kesulitan untuk bekerja sama dengan orang lain. Mereka memiliki empati, toleransi sehingga dapat merasakan perasaan, pikiran, tingkah laku, dan harapan orang lain.
Kecerdasan interpersonal datang dari kemampuannya sendiri karena adanya kesadaran yang kuat. Ini dinamakan juga sebagai kecerdasan sosial. Adapun ciri-ciri selengkap¬nya sebagai berikut.
  • Bersedia menjadi pemimpin kelompok
  • Mampu mengatur kelompok
  • Membantu teman yang sedang dalam kesulitan saat melakukan aktivitas
  • Memberi kesempatan pada teman atau orang lain dahulu untuk melakukan sesuatu
  • Mampu bersabar dan menyelesaikan masalah yang diberikan teman-teman
  • Bersikap asertif. Saat orang lain mencoba merampas haknya, dia tahu apa yang harus dilakukan
  • Gampang berteman. fleksibel, mudah bergaul, dan tidak pilih-pilih teman. Dia tidak alergi pada teman atau orang baru. Bahkan tak jarang, dia menganggap sosok yang baru dikenalnya tersebut sebagai teman lama.


7.  Cerdas Diri atau Kecerdasan Intrapersonal (Intrapersonal Intelligence).
Anak yang memiliki pemahaman dan kendali yang baik mengenai diri sendiri. Mereka tahu apa yang didapat dan tidak dapat dilakukannya dalam lingkaran sosial.
Kecerdasan intrapersonal merupakan kecerdasan yang dimiliki individu untuk mampu memahami dirinya. Secara lebih sempit dapat diartikan merupakan kemampuan anak untuk mengenal dan mengindentifikasi emosi, juga keinginannya. Selain itu anak juga mampu memikirkan tindakan yang sebaiknya dilakukan dan memotivasi dirinya sendiri. Meskipun anak dengan karakter ini dapat mengintropeksi diri serta memperbaiki kekurangannya. Namun kadarnya dapat berbeda-beda. Anak dengan cerdas diri dapat mengekspresikan perasaannya secara verbal juga melalui bahasa tubuh. Adapun ciri-cirinya sebagai berikut:
  • Mampu menyelesaikan persoalan yang diberikan
  • Menunjukan sikap tidak mudah menyerah dan putus asa dalam melakukan sesuatu
  • Disiplin dan mamou mengikuti aturan yang berlaku
  • Mampu mengambil keputusan sendiri dari msalah yang diajukan
  • Lebih menyukai permainan yang bersifat individu dari pada yang dilakukan secara bersama-sama


8.  Kecerdasan Spiritual (Spiritual Intelligence)
Kecerdasan spiritual (spiritual intelligence) adalah kemampuan mengenal dan mencintai ciptaan Tuhan. Kemampuan ini dapat dirangsang melalui penanaman nilai¬nilai moral dan agama.
Ciri anak yang memiliki kecerdasan spiritual yang menonjol adalah 
  • Baik pada sesama dan rajin menjalankan ibadah agamanya. 
  • Mampu berinteraksi dengan sesama dan lingkungannya,  Bersikap ramah dan baik pada siapapun, tidak pernah membuka aib (kejelekan, kekurangan, dan kekhilafan) orang lain
  • Mampu menangkap esensi dari agama yang dia anut.



9.  Cerdas Bahasa (Linguistik Intelligence)
Anak dengan kecerdasan bahasa adalah kemampuan mempelajari bahasa dan pengucapan dengan baik. Kepandaiannya berbicara bisa dilihat sejak usia 1 atau 2 tahun. Daya tangkapnya kuat ketika anak mendengarkan sebuah cerita kemudian diceritakan kembali sama persis atau ditambahkan sesuai versinya dengan daya imajinasinya yang kuat. Anak juga memiliki kemampuan menghafal kata asing yang baru didengarnya, dengan pengucapan dan arti yang benar. Ciri-cirinya sebagai berikut :
  • Mampu mengisi permainan kata-kata seperti teka-teki silang atau mencari kata dalam sekumpulan huruf
  • Mampu membaca sederetan tulisan yang diajukan
  • Mampu menulis perasaan diri dalam bentuk prosa atau puisi
  • Mampu menyimak dongeng dan menjawab pertanyaan seputar dongeng yang diajukan
  • Mampu mengungkapkan identitas diri dengan lengkap
  • Mampu berpidato atau bercerita dengan baik dan lancar
  • Berani menunjukkan dirinya didepan orang banyak, semisalnya dikelas, atau pertunjukan sekolah
  • Mampu memerankan tokoh cerita dalam sebuah drama dengan baik
  • Mampu mengolah rasa dalam bentuk ekspresi dan lisan



Sumber :
Multiple Intelligence by Howard Gardner
Multiple Intelligence versi Kak Seto
-->
http://www.artikelanak.com/ 
http://intisari-online.com/read/10-tanda-anak-berbakat